BAHASA



BAB I PENDAHULUAN
BAB II PEMBAHASAN
A. ILMU
B. BAHASA


Berhubungan dengan keunggulan manusia atas makhluk yang lain dengan bahasa yang dimilikinya, para ilmuwan sepakat tentang hal tersebut. Namun mereka bersikap sebaliknya dalam memandang aspek awal – mula lahirnya bahasa.
Bahasa adalah salah satu instrumen penting bagi kehidupan. Tanpa keberadaan bahasa manusia tidak akan bisa berkomunikasi, mengekspresikan pikirannya, perasaannya dan pendapatnya. Dengan bahasa, manusia bisa mewariskan pengetahuan tentang kebudayaannya dengan baik dari satu generasi kegenerasi berikutnya. Fungsi bahasa bukan hanya sebagai alat komunikasi saja tetapi juga sebagai salah satu sifat khusus bagi keberlangsungan mahluk sosial. Oleh karena itu, bahasa akan terus berkembang selama masih terwujudnya interaksi sosial.

1. Hakikat Bahasa
Untuk mengetahui bahasa yang sebenarnya, maka kita harus mengetahui defenisi bahasa terlebih dahulu. Para ahli bahasa tidak hanya menyepakati satu pengertian bahasa saja tetapi mereka berbeda-beda dalam mendefenisikannya. Setiap ilmuwan memandang bahasa dari segi ilmu yang mereka geluti.
Bahasa didefinisikan dengan beragam pengertian, sebagian mengatakan bahasa adalah perkataan-perkataan yang diucapkan atau ditulis. Sebagian lagi mengatakan bahwa bahasa adalah alat komunikasi bagi manusia. Sekolompok lainya mengatakan bahwa bahasa kata benda, kata kerja dan kalimat-kalimat. Ada juga yang mendefinisikan bahasa hanya sebagai kumpulan kata-kata dan kaidah-kaidah atau peraturan-peraturan.
Yang dimaksud bahasa atau dengan kata lain linguistic menurut Hasan Shadilly adalah penelaahan bahasa secara ilmu pengetahuan . Tujuan utama adalah mempelajari suatu bahasa secara deskriptif. Jadi kalau dilihat dari segi kamus kata linguistik (’ilmu lughoh) bermakna ilmu bahasa atau metode mempelajari bahasa.
Bahasa adalah kata atau lafadz yang digunakan oleh setiap orang (kaum) dalam menyampaikan maksud atau kehendak mereka.
Bahasa adalah sistem manasuka (arbitrer) yang berupa simbol suara untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan antara anggota masyarakat dengan menggunakan bahasa yang sama. Menurut Taufiq Muhammad Syahin bahasa adalah suatu yang terbersit dalam kehidupan manusia.
Kata linguistic (’ilmu lughoh) berasal dari kata bahasa latin lingua yang bermakna bahasa, dan dalam bahasa Perancis berpadanan dengan kata langue, language¸ dalam bahasa Italia berpadanan dengan lingua, dalam bahasa Arab berpadanan dengan lughoh.
Mengetahui esensi bahasa, sama dengan mengetahui definisi bahasa itu sendiri. Banyak para pakar memberikan definisi tentang bahasa. Diantaranya Ronald Wardhaugh dalam Al-Wasilah mendefinisikan bahasa sebagai :
A sistem of arbitrer vocal symbols used for human communication (bahasa adalah sebuah sistem secara simbol vokal arbitrer yang digunakan untuk berkomunikasi manusia).
Al-Khuly memberikan definisi , yaitu sebagai berikut :
اللغة نظام اعتباطي لرموز صوتية تستخدم لتبادل الافكاروالمشاعربين اعضاء جماعة لغوية متجانسة
Menurutnya, bahasa adalah sebuah sistem, berwujud lambang, berupa bunyi, bersifat arbitrer, bermakna, bersifat konvensional, bersifat unik, bervariasi, bersifat dinamis, berfungsi sebagai alat interaksi sosial, dan merupakan identitas penuturnya.
Unsur-unsur balaghah adalah kalimat, makna, dan susunan kalimat yang memberikan kekuatan, pengaruh dalam jiwa, dan keindahan, juga kejelian dalam memilih kata-kata dan uslub sesuai dengan tempat bicaranya, waktunya, tempatnya, kondisi para pendengarnya, dan emosional yang dapat mempengaruhi dan menguasai mereka .

2. Fungsi Bahasa
Seperti yang telah kita ketahui bahwa bahasa mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Salah satunya yaitu sebagai sarana komunikasi antara individu dan masyarakat, dari generasi ke generasi. Dengan berkomunikasi, maka manusia akan mengungkapkan apa yang diinginkan dan diperlukannya, selain itu juga fungsi bahasa ialah untuk mengungkapkan perasaan, pemikiran dan pendapat dan apa yang terbersit dalam dirinya.
Fungsi bahasa adalah alat komunikasi manusia, baik tertulis maupun lisan. Namun, fungsi ini sudah mencakup lima fungsi dasar, yang disebut expression, information, exploration, persuasion, dan entertainment.
Allah SWT. memberikan fitrah pada setiap manusia untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Ini merupakan karakteristik manusia sebagai makhluk sosial. Bahasa mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Salah satunya yaitu sebagai sarana komunikasi antara individu dan masyarakat dari generasi ke generasi. Dengan berkomunikasi, maka manusia akan mengungkapkan apa yang diinginkan dan diperlukannya. Maka bahasa adalah media komunikasi antara individu dan masyarakat.
"Seseorang adalah mahir dalam suatu bahasa apabila ia berbicara, membaca, dan menulis dalam bahasa itu menurut kaidah-kaidahnya tanpa kejanggalan dan kesalahan. Suatu sekolah adalah berhasil dalam pengajaran bahasa, apabila para alumninya semua atau sebagian besar seperti itu".
Penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa bahasa adalah media kemasyarakatan, alat pergaulan antara individu dengan yang lainnya, dan sebagai media untuk bertukar pikiran di dalam kehidupan manusia. Tanpa bahasa manusia tidak akan bisa berinteraksi dan tolong menolong antara sesama. Hal ini diperkuat oleh pendapat Emil Badi’ Ya’qub bahwa fungsi bahasa yaitu, diantaranya:
  • Alat komunikasi
  • Untuk mempermudah menyampaikan ide yang ada dalam pikiran
  • Salah satu alat pemersatu bangsa.

C.    ILMU BAHASA

BAB III  PENUTUP
DAFTAR PUSTAKA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PENDAHULUAN

ILMU : Pengertian Ilmu